Raihan, almost 14m

Uncategorized

 

Sudah lama nggak cerita tentang Raihan. Kangen juga nulis tentang my baby bolo-bolo di blog.

Raihan, 10 hari menuju 14m. Sampai sekarang, sudah bisa apa ya?

Kemampuan motorik

Raihan belum bisa jalan. Jujur, perkembangan motorik Raihan memang sedikit lambat dibandingkan teman-teman seusianya. Saat teman-temannya yang lain sudah bisa merangkak di usia 6-7 bulan, Raihan belum. Bahkan sampai usia 13 bulan kemarin dia masih saja senang merayap-rayap bergembira dengan perutnya. Cepet banget merayapnya. Macam tentara yang lagi latian perang sambil diteriakin komandannya. Sempet cemas juga, karena berdasarkan beberapa sumber yang saya baca, tahapan merangkak itu wajib dilalui bayi. Walaupun di beberapa sumber lain ada juga yang mengatakan, tanpa melewati tahapan merangkak pun sebenarnya tak apa.

Raihan juga belum menujukkan tanda-tanda akan rambatan, sementara temannya yang berusia satu tahun sudah mulai rambatan, berdiri sendiri, bahkan sudah ada yang bisa lari-lari.

Karena itu, beberapa minggu yang lalu saya bawa Raihan ke klinik tumbuh kembang. Mau konsultasi ceritanya, karena Raihan sebentar lagi mau 13m dan belum bisa merangkak (batasan merangkak untuk bayi adalah usia 13m, sedangkan batasan bayi untuk bisa jalan sendiri itu 18m). Eh ternyata kalau mau terapi, harus ada rujukan dari dokter ya? Ooo…baru tau saya. Nggak jadilah saya konsultasi, karena kebetulan jadwal dokter untuk konsultasi di klinik tersebut juga adanya di hari kerja.

Hari demi hari berlalu, dan kami terus menstimulasi Raihan agar bisa merangkak. Dan sebelum saya jadi berkonsultasi ke dokter, Raihan akhirnya bisa merangkak sendiri. Alhamdulillah… Lega rasanya. Walaupun bisanya sudah di batas akhir, tapi toh akhirnya dia merangkak juga. Batal deh saya ke klinik tumbang. Sempet sedih juga. Saya kok nggak sabar ya? Padahal masing-masing anak punya tahapan perkembangannya sendiri-sendiri. Setiap anak itu unik. Jangan pernah dibanding-bandingkan dengan anak lain. Saya tau teori dan nasihat ini. Tapi ternyata menerapkannya pada diri sendiri itu sulit😦

Jadi sekarang Raihan sedang senang merangkak, dan sedang belajar untuk berdiri sendiri. Doakan semoga Raihan segera bisa jalan yaa.. (Catatan pribadi, Raihan ini memang anaknya sedikit penakut, jadi memang harus sabar :))

Kemampuan berbicara

Beberapa kata yang sudah bisa diucapkan Raihan dengan jelas, antara lain: Ayah, Nda, Mamak (pengasuhnya), mimik, tutu (susu), bebi (baby), dada/tata, nii (sambil nunjuk sesuatu), nyonyo (no-no) atau bisa juga berarti noh (itu)

Raihan juga sudah bisa diajak ngobrol. Intonasi berbicaranya sudah benar. Kalau ditanya menjawab, atau kalau minta sesuatu dia bilang, atau kadang bergumam kayak lagi nyanyi, tapi dengan bahasanya sendiri yang orang lain nggak tau. Contoh:

Raihan: nyonyotoptokptokdadadahiitnoh!!

Ayah: Ooo… iya iya

Raihan: blublbublubnyonyodadada!!

Ayah: Mmm….

-__-

Perkembangan lain:

Raihan kalau bangun tidur dan bangun dengan happy, dia nggak nangis, tapi langsung manggil-manggil: Yaaaahh! atau Ndaaaa!

Raihan di hari kerja suka pergi ke pintu kamar, ketok-ketok pintu, lalu manggil2 ayah dan bunda

Raihan kalau pegang hp langsung didekatkan ke telinga sambil bilang “Yaaaah”

Raihan udah tau kalau remote tv itu untuk menyalakan tv dan ganti channel, tau kalau sisir itu buat nyisir rambut, tau kalau remote kontrol mobil-mobilan buat main mobil, tau fungsi cotton bud (padahal nggak ada yang ngajarin). Raihan kalau pegang Quran langsung tunjuk2 pake jari (diajarin Bundanya gitu). Udah punya gaya joget yg lain. Kalo dulu gaya dengerin musiknya dia sambil godek-godekin kepala, sekarang tangannya ikut bergerak ke kanan kiri. Apalagi ya? Ah, banyak yang lain

Duuh kan, nulis kayak ginian jadi kangen Raihan

Maafin Bunda yang nggak bisa selalu mendampingi perkembangan kamu ya Nak. Semoga Raihan sehat selalu, makin cerdas, dan soleh. Bunda always love you :-*

Raihan pake cotton bud. Percayalah, dia tidak sungguh-sungguh membersihkan telinganya😀

 

11 thoughts on “Raihan, almost 14m

  1. Perkembangan anak, termasuk kemampuan motorik beda2 yaa… anak2 teteh yang 3 itu 12 bulan mulai bisa berjalan, tapi yang nomer 2 dia malah 10 bulan sudah bisa lari, tanpa melalui proses merangkak.
    Mudah2an Raihan cepat bisa jalan..naahh nanti ayah bundanya cape ngejar2 karena Raihan lari2 terus🙂

    1. itu termasuknya cepet teh 10 bulan udah bisa lari-larii.
      semoga nanti Raihan bisa segera lari-lari juga
      Siapkan tenaga buat ngejar-ngejar nih
      Belum lari aja udah bikin keringetan😄

  2. lucuuuu itu maenan cutton budnya sambil tampang muka polos hahahahah,,
    alzam kebiasaan digendong sama ART yg dulu, jadi cenderung males gerak..walo milestone sesuai tahapan, nah setelah ART keluar dan ngungsi ke rumah ortu, sama orang rumah dilepas aja tuh alzam,di lantai ga digendong..progress banyak bgt sekarang..aduhh bener yah, dilema ibu bekerja..meneyrahkan pengasuhan pada orang lain..sementara yg ngasuh bayi kebanyakan cuma minumin-makanin-boboin..jarang distimulasi permainan merangsang motorik atau kecerdasan

    1. bener banget
      aku juga ngerasain sendiri yang kayak gitu
      Raihan banyak perkembangan kalau weekend, karena sama aku dan ayahnya dilepas aja gitu
      Sementara sama pengasuhnya banyak gendong. Main ke luar rumah, ngerjain kerjaan rumah, sambil digendong
      Apalagi aku sama ayahnya Raihan nggak di rumah dari habis subuh sampe lepas isya😦

      Faktor yg lain juga, menurutku sih ini, Raihan dulu pas peralihan dari usia 6 ke 7 bulan sedikit terhambat
      tumbangnya karena pindahan rumah
      Sebelum pindahan itu Raihan udah angkat2 badan mau merangkak, tapi pas proses pindahan dan sekitar 2 bulan setelahnya, karena rumah baru langsung kami renov, dia nggak punya banyak ruang untuk eksplor
      Jarang melantai, kebanyakan digendong, ya karena kondisi rumah yg lagi berantakan
      Jadi sempet terhenti perkembangannya, bahkan boleh dibilang mundur
      Yang tadinya udah guling2an ke sana kemari pas 6 bulan, jadi males gerak kalo udah ditaroh
      Alhamdulillah, sekarang udah mulai banyak gerak lagi🙂

      *ini ceritanya blog di dalam blog :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s