Wisata Kuliner di Cibubur #part 1

cibubur

Kalau ada yang pernah ke Cibubur, pasti ngeh kalo di sepanjang jalan alternatif Cibubur (biasa disebut jalan Transyogie) mulai dari keluar  tol sampai teruuss terruuss lagi menuju arah Cileungsi, banyak sekali tempat makan bertebaran. Asli banyak. Coba sebut saja apa, sepertinya semua jenis makanan ada di sepanjang jalan itu. Dan tempat makan itu berderet-deret berjejer, terutama di sisi kiri jalan kalau kalian baru saja masuk ke Cibubur dari arah buperta/jambore. Contohnya, tempat makan dengan menu ayam, ada ayam tangkap, ayam lepaaas, ayam bakar mas mono, ayam goreng suharti, ayam bakar taliwang (ada di 2 tempat), dan ayam-ayam yang lain. Itu baru ayam, belum menu yang lain.😀

Nah, berhubung sudah setengah tahun tinggal di Cibubur, saya pengen membagi pengalaman mencicipi kuliner di seputaran Cibubur, yang bisa dibilang sih, belum sebanding sama banyaknya tempat makan yang ada di sini. Dan karena ini postingan enggak diniatkan, maaf nggak ada foto-foto pribadi dari saya yah *penonton langsung kecewa*

1. Bakso Sukowati

Yang pertama yang mau saya review, makanan sejuta umat dulu ya, dan sekaligus juga paling deket sama rumah saya di Cikeas :p

Lokasi: Cikeas, sebelah AlfaMidi. Perempatan Cikeas, masuk kira-kira 50m, ada di sebelah kanan jalan.

Bakso ini terkenal sampe kemana-mana. Dulu pertama kali makan di sini nggak direncanakan, pas waktu itu saya dan suami lagi mengunjungi calon rumah kami di deket sana. Tempatnya enak, lega, parkiran lumayan luas. Ada parkir depan juga parkir samping. Kalau menurut saya yang bukan pecinta bakso sih, baksonya biasa-biasa aja. Ini komen subjektif loh yaaaa, karena saya emang bukan penggemar bakso, jadi saya nggak minat gitu deh sama bakso-baksoan😀 Kalau suami suka. Kalo lagi pengen bakso, dia suka minta ke sini. Berdasarkan hasil gugling, sekarang harganya 15ribu semangkok *kapan lagi kalau ke situ saya cek harga lagi yaa. Kami terhitung udah beberapa kali makan di sini.

2. Kupat Tahu Magelang Cibubur

Saya dan suami penggemar kupat tahu. Setiap kali pulang ke Temanggung (kota asal suami), saya pasti selalu minta jajan kupat tahu. Gitu juga kalo pulang ke Purbalingga. Di Purbalingga, kupat tahu dinamai gecot😀

Lokasi: Dari arah Buperta (Jambore), terletak di sebelah kanan jalan, sesudah perumahan Raffles Hills.

Kami ke tempat makan ini disengaja karena saya dan suami kangen pengen makan kupat tahu. Weekend dibela-belain ke sini cuma buat makan kupat tahu. Parkir di depan warungnya sempit, mepet jalan raya yang seringnya macet. Parkir alternatif ada di belakang tempat makan.

Sayangnya, kami berdua sedikit kecewa, karena ternyata kupat tahunya berbeda dengan yang ada di bayangan kami😦 Kalau kupat tahu di Temanggung atau Purbalingga itu banyak bumbu kacangnya, kalau kupat tahu yang ini mungkin kupat tahu yang asli Magelang kali yaa, dan itu nggak begitu cocok di lidah kami. Jadi kami ke sana hanya sekali, dan belum berniat berkunjung lagi.

3. Pecel Pincuk Ibu Ida

Akhirnya…saya nemu juga pecel yang enakkk.

Lokasi: (hampir sama dengan kupat tahu) Dari arah Buperta, ada di sebelah kanan jalan, setelah perumahan Raffles Hills, tapi lebih jauh sedikit dari Kupat Tahu, kira-kira 500m lah.

Alasan ke sana pertama itu karena saya lagi pengen makan pecel, tapi pecel di deket rumah nggak gitu suka. Akhirnya kami bela-belain minggu pagi keluar ke Transyogie demi ke Pecel Pincuk Bu Ida. FYI, saya udah lumayan hapal tempat-tempat makan di jalanan Cibubur karena tiap hari kan nglewatin pulang-pergi ke kantor, jadi kalau pengen sesuatu biasanya udah ada inceran mau kemananya😀 Nggak ada halaman buat parkir, jadi parkirnya di bahu jalan. Kalau weekend pagi oke-oke aja karena nggak macet, tapi kalau macet atau bahu jalan sekitar situ penuh, bisa parkir di belakang warung deket masjid.

Pas pertama masuk ke sana saya kaget karena apa? Karena tempatnya rame bangettt. Padahal pagi-pagi. Kebanyakan si orang yang cari sarapan pas weekend. Selepas itu, weekend berikutnya saya ke sana lagi dan memang kalau weekend rame sih, padahal tempatnya nggak luas2 banget. Rata2 yang makan serombongan gitu, jadi rame.

Oke, menunya di sini ada pecel dan masakan khas Jawa Timur kayak rawon dan rujak cingur. Tapi sejauh ini saya baru pernah makan pecelnya doang si. Bumbunya maknyuuussss, dan lauknya banyaak. Ada sate telor, sate ati, aneka gorengan, bacem, ayam goreng, telor asin, dst dst. Bisa dipilih sendiri di meja panjang di bagian dalam warung. Bisa pesen pecel pake nasi, bisa pake lontong. Kalo saya sih sukanya pake lontong, soalnya kalo nasi kan udah ada di rumah *apasih. Jangan kaget ya kalo ke sini ada yang pesen buat dibawa pulang, pesennya banyak, bisa sampe belasan. Emang enak sih. Nyaaaammm…

4. Bakwan Malang Cikeas-Nagrak Jalan Transyogi km. 5

Saya lebih suka bakwan malang dibanding bakso *informasi penting*

Lokasi: Lokasinya kayak yang udah disebutin di atas. Detailnya: keluar tol cibubur (semua lokasi yang ada di sini ancer2nya dari tol cibubur yaa), nglewatin Plasa Cibubur lanjut terus, nglewatin CitraGran masih lanjut, nglewatin Giant, lalu jembatan Cikeas. Nah,naik dari jembatan ini, pelan-pelan aja soalnya tempatnya terselip di antara beberapa tempat makan di sisi kiri jalan. Pokoknya kalo udah lewat jembatan, nggak jauh deh😀

Saya dan suami belum lama ini ke sana. Waktu pulang dari kantor. Pas lagi dijemput suami, dan kami berdua udah kelaperan dan pengen yang anget2. Kebetulan saya udah dari kapan pengen mampir ke sini. Akhirnya jadi deh kami ke sana. Parkirnya lumayan sempit, cuma ada di depan warung makan, mungkin cuma muat 2 mobil. Tapi kalo nebeng di sebelah2nya si masih ada laah..

Rasanya enaak, Alhamdulillah nemu bakwan malang yang enak dan deket rumah. Range harganya pun masih termasuk murah. Saya pesen yang spesial, 12.500 dan udah dapet bakwan malang porsi standar plus yang goreng2. Dan itu kenyang bangeeettt. Suami juga alhamdulillah puass. Dan masih mau kesini lagi kapan-kapan.

5. Soto Kwali Bumi Mutiara

Soto itu, salah satu makanan favorit saya. Sebenarnya paling suka soto sokaraja, maklum yeee, itu soto dari daerah asal. Tapi belum pernah nemu yang enak di Jakarta maupun Cibubur😦

Lokasi: yang ini lumayan jauh. Dari keluar tol Cibubur, terus jalan sampai ketemu perempatan Nagrak atau Cikeas (Nagrak itu daerah di sebelah kiri perempatan, kalau Cikeas itu di sebelah kanan perempatan) yang ciri2nya ada tulisan CIKEAS gede di baliho di perempatan itu. Lalu setelah itu kita belok kiri ke arah nagrak. Dan itu teruuuss sampai berapa kilo ya? Mungkin lima kiloan *ewww, jauh amat* Nglewatin gerbang belakang Kota Wisata, nglewatin Vila Nusa Indah 5, lalu sekilo kemudian di sisi kanan jalan ada tulisan SOTO KWALI SEGER kalo nggak salah *menyesatkan!

Warungnya kecil sih, kecil banget. Kayaknya cuma ada 4 meja di dalemnya. Tapi jangan salahh, sotonya maknyuuusss tenan! Ini soto favorit saya dan suami yang suka bikin kangen. Pertama kali makan di sana pas kami belum tinggal di Cibubur dan lagi ke rumah kakak ipar di Vila Nusa Indah. Kok sotonya enak ya, habis ngerasain yang pertama itu, jadi langganan deh ini soto.

Dan harganya muraaahh sodara2, seporsi cuma 5000perak waktu itu, sekarang udah 6000. Makannya pake sate telor, atau sate ati ampela, dan gorengan. Pas ujan2 pula. Waaahhh… *ngeces

***

Yak, segini dulu ya kawan, kisah petualangan makan saya di Cububur dan sekitarnya. Masih ada beberapa tempat lagi tapi saya capek nulisnya, hehehehe…

 

 

26 thoughts on “Wisata Kuliner di Cibubur #part 1

      1. oowwhh….
        eh eh asinan apa mbak? asinan betawi bukan? kebetulan aku lagi pengen banget nih asinan betawi, ceritanya lagi ngidam, tapi nggak tau mo cari dimana😀

  1. Mau nambahin dong soal kuliner. Hehehe… Sabtu kemarin makan mie yg rasanya kayak bakmie GM enak, tipis, pangsit nya mantep, baksonya juga lembut. Tapi harganya kaki lima. Mureee… Lokasinya di vila nusa indah 3 blok KH 6 no.16. Namanya mie ayam Happy. Nggak sengaja kesana pas mau buka puasa lg dijalan. Abis ambil seragam di sekolah anakku di daerah situ. Recomend, kudu nyoba.

  2. halo teman2 pencinta kuliner, saya mau info ada tempat makan baru cibubur, namanya One Suki, lokasi tepatnya di Jl. raya alternatif cibubur no 58,(Seberang ayam goreng suharti cibubur), harga yang ditawarkan sangat ekonomis dan tentunya dengan rasa yang sangat nyam nyam….. untuk info lebih jelas bisa menghubungi 021-51105838

  3. Moring Mr. Paul adalah makanan Ringan yang baru di produksi dan di pasarkan untuk jadi salah satu alternatif pecinta kuliner di Indonesia
    Stick Bawang Moring Mr Paul Hadir dengan 2 Varian rasa yaitu Gurih dan pedas dengan pedesnya yang susah untuk dilupakan
    Dijamin ketagihan.
    kami siap melayani ke seluruh indonesia
    Contact kami hadir di CIBUBUR
    hub / WA : 08129402670 / 08567942642 (kawasan Pondok Indah)
    http://moringmrpaul.com/

Leave a Reply

