Baking: Kastengel

baking

Lebaran masih lamaaaa…. tapi aroma bulan Ramadhan sudah tercium jelas. Ya Allah, pertemukanlah kami dengan ramadhanMu tahun ini, aamiin…. ‘Aroma’ itu semakin tercium tajam saat seorang ibu Jumat siang kemarin datang ke kantor. Namanya Bu Sugi. Pertanyaannya: siapakah Bu Sugi itu? Bu Sugi adalah ibu pembuat kue kering yang jadi langganan kami di kantor saat lebaran menjelang. Jadi, bahkan dari sebelum bulan puasa beliau sudah menerima banyak orderan kuker. Habis memang kukernya enyaaakk. Berasa dan ngeju, nyaaamm… Harganya juga enaaaakkk… *naik dari tahun kemarin, hiks!

Nah kalo ibu itu dateng beliau bawa tester sekian toples kue kering. Ada kastengel, nastar, sagu keju, semprit, chocochips, cookies, de el el. Trus biasanya para ibu-ibu akan rame nyobain. Satu jenis kue satu biji, bisa lebih kalo suka *hyaahaha* Pan ibunya bawa banyak macem tuh, jadi lumayan puas laah, icip-icipnya :p Setelah icip-icip, baru kita pesen sekian toples kue, nanti bakal dianter tanggal sekian. Biasanya kan pada mo mudik, jadi minta dianternya semingguan sebelum mudik.

Naahhh, gara-gara Bu Sugi ini bawa kuker, saya jadi pengen kastengel. Iya, kemaren sih udah nyobain, kayaknya sih lebih dari satu *ups* tapi belum puaass, huhuhuhuu… We want more, Bu Sugi!! Tapi apa daya ya, pesenan baru akan diantar nanti bulan puasa. Ibunya si bilang ada lah kalo cuma setoples kastengel nanti bakal dianter kalo saya mau, tapi sayanya nggak enak kalo cuma pesen setoples aja, huhuhu… Akhirnya pulangnya saya hari itu dengan pikiran dibayang-bayangi kastengel ngeju enak… @,@

Nah! Karena weekend kemarin saya lagi semangat-semangatnya baking, saya iseng search resep kastengel. Tetep doong, yang praktis, tapi enak! Dan terdamparlah saya di sini *langsung buka bookmark di hp, kok nggak ada?? Loh, mana nih resepnya. Gugling lagi, satu-satu dibukain. Kok ilang?? mana niih. Enggak ketemuu..huhuhuhuuu…* Saya masih inget resepnya, tapi lupa takarannya *sejam kemudian…* Ini dia nih resepnya! Kayaknya sih bukan dari blog ini, tapi resepnya sama kok. Errr….atau emang dari blog Ordinary Kitchen ini ya? Hwaaa..lupa.. Mbak Ricke, saya ijin copy resepnya di sini ya😉

Maaf fotonya jelek, lagi males foto-foto :(

Maaf fotonya jelek, lagi males foto-foto

Bahan:
300 gram mentega (butter+margarin)
350 gram terigu protein sedang
50 gram maizena
2 sdm susu bubuk
100 gram keju edam parut
100 gram keju parmesan parut

Olesan:
Kuning telur, kocok lepas

Taburan:
Keju cheddar parut

Cara membuat:
1. Campur dan ayak terigu, maizena dan susu bubuk. Sisihkan.
2. Kocok mentega sebentar saja hingga lunak (ga usah lama-lama atau sampai putih). Masukkan keju edam dan parmesan parut, aduk rata dengan sendok kayu.
3. Masukkan campuran terigu, aduk rata dengan sendok kayu sampai rata dan adonan sudah bisa dibentuk.
4. Gilas tipis adonan (sekitar 1 cm), lalu cetak sesuai selera (stick, bunga atau bentuk lain). Tata dalam loyang tanpa dioles margarin. Oles dengan kuning telur dan taburi keju cheddar parut.
5. Panggang dalam oven 125’C (api kecil) sampai matang (berwarna kuning kecoklatan/golden brown). Angkat dan dinginkan. Simpan dalam toples kedap udara.

Ada yang ngeh nggak, warna kastengelnya terlalu coklat a.k.a sedikit gosong? Gini ceritanya, saya beli loyang segiempat yang tepiannya rendah itu (keknya emang buat bikin kue kering, bukan buat bikin cake). Nah, belinya itu yang lebaran dikit. Eh ternyata loyang itu cuma bisa ditaroh di rak paling atas, gabisa di rak bawahnya soalnya pinggirannya nggak masuk di celah oven. Nah, jadilah saya panggang di rak paling atas, dengan suhu 125’C. Kok nggak mateng2 ya, masih pucet aja. Setelah setengah jam, saya matiin ovennya dan saya panggang lagi pake api atas 160’C kurleb 10 menit. Hasilnya? Mateng tapi agak gosong atasnya, heheheee… :p Secara rasa, udah pas nih kastengel cuma punya saya kurang sedikit ngeju karena saya nggak pake keju edam😦

Ayahnya Raihan bilang lumayaan, dan Raihannya-yang bukan konsumen target utama-malah suka! Hehehee. Alhamdulillaah😀

4 thoughts on “Baking: Kastengel

  1. Kok gak pake kuning telur untuk campuran kuenya ya (bukan utk olesan)? Gampang ancur gak kuenya? Aku memang lagi nyari resep kastengels nih, pesenan suami yg sukaaaa banget sama kue yg satu ini.

    1. Iya, sengaja cari resep yang praktis mbak, maklum, pemula :p
      Enggak kok, menurutku rasa dan teksturnya udah paass, buatku malah kurang meprul dikiit lagi, mungkin karena agak gosong itu kali ya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s