Baking: Granola Bar

baking

Saya suka banget sama Soyjoy. Kalo beli cemilan, salah satu yang dibeli ya Soyjoy ini. Rasanya yummy dan pas buat ngganjel perut kalo lagi kelaperan. Naah, karena ngefans sama Soyjoy ini, udah dari lama saya pengen nyobain bikin granola bar. Searching2 resep di internet kok sepertinya gampang nih bikinnya.  Akhirnya beberapa waktu yang lalu beli deh bahan utamanya. Tapi belum berkesempatan bikin sampe weekend kemaren ini. Bingung mo ngapain di rumah akhirnya baking aja deeeehh, hihihi..

Granola bar ini terbuat dari oatmeal, kacang-kacangan, madu, dan terkadang beras yang telah di panggang hingga crispy seperti pop corn (kata wikipedia). Tapi karena saya lagi males cari kacang-kacangan, buah kering, dan biji-bijian, saya cari sereal instan yang isinya campuran biji2an dan buah2an kering. Hihihiii… Dapet ini😀

Isi dalemnya kayak gini

 

Selanjutnya, resep granola bar saya dapet dari blog Just Try and Taste

GRANOLA BAR

Bahan (bahan ini untuk 2 loyang granola 20×20 cm, karena pertama kali bikin saya pake setengahnya aja):

130 gram oatmeal instant

130 gram tepung oatmeal (haluskan oatmeal menggunakan blender)

300 gram campuran kacang-kacangan, biji-bijian dan buah kering (saya pake sereal Bio Organic Fruit Nut Crunch dari Familia tadi, ditambah kurma yang dipotong kecil-kecil)

70 gram selai kacang

80 gram minyak  zaitun atau minyak goreng atau mentega/margarine cair (saya pake minyak goreng)

1/2 sendok teh garam

150 ml madu (minta tolong ke si Mbak buat beli madu, eeh pulang-pulang bawa sekotak madu rasa. Yowes, akhirnya pake madu rasa, dan ternyata nggak gitu ngaruh si ke rasa akhirnya)

2 sendok makan gula pasir

1 sendok makan air

Cara membuat:

–         Siapkan mangkuk kecil, masukkan minyak zaitun, selai kacang, madu, gula, garam dan air, aduk rata hingga menjadi larutan yang smooth. Tuangkan larutan minyak madu ke atas bahan kering, aduk menggunakan spatula hingga tercampur baik dan menjadi adonan yang lembab.

–         Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti. Ratakan dan tekan-tekan adonan hingga menjadi sangat padat. Proses ini sangat penting agar granola menjadi padat dan tidak buyar saat dipotong (saya pake pantat sendok)

Begini penampilannya sebelum dimasukkan ke dalam oven

Begini penampilannya sebelum dimasukkan ke dalam oven

–         Panaskan oven dalam suhu 180 derajat.  Jika adonan telah padat masukkan loyang berisi adonan ke dalam oven dan panggang selama 25 – 30 menit atau hingga permukaan granola bars mulai berwarna kecoklatan. Keluarkan dan dinginkan.

–         Masukkan granola bars ke dalam kulkas selama semalam (saya nggak sampe semaleman sih, cuma 2-3 jam aja)  agar kue benar-benar keras dan mudah dipotong.

Karena kurang PD sama oven punya sendiri, saya agak melenceng dari resep. Suruh setel oven 180’ saya setelnya 190’, dalam 30 menit. Walhasil, gosonglah bagian bawah granolanya. Nyesseeeelll bangetttt. Soalnya rasanya udah pass, manisnya pas, crunchynya pas (punya saya granolanya crunchy nggak alot). Pokoknya enak deh. Tapi kok gosoonng? Jadi kalo mau makan harus nggrigiti bagian atasnya, nggak bisa langsung masuk. Susah kan?? Hiks, hiks!😦

Karena gosong bawahnya itu jadinya saya nggak foto-foto deh. Penampilannya nggak beda jauh sama waktu sebelum dipanggang. Cuma setelah dipanggang warnanya jadi lebih cokelat aja.

Oiya, setelah dimasukin kulkas, granola bar ini jadi lebih keras dan susah buat dipotong. Punya saya jadinya dipotek2 aja. Tambah enggak cantiklah buat difoto. Mungkin lain kali sebelum dipanggang dibikin garis-garis agak dalem dulu kali ya di granolanya. Entahlah. Lain kali kalo udah nyoba resep ini lagi saya kasih tau yaaa😉

Bagaimanapun, resep yang satu ini layak dicoba😉

 

11 thoughts on “Baking: Granola Bar

  1. Subhanallah… Anda org pertama yg sy tw bilang soyjoy itu enak heheh… Sy sekeluarga begitu coba soyjoy pertama kali lgs gak mw lagi heheh
    #bedaselera
    Thanks for the recepie😀

Leave a Reply

