Kurma Cokelat

Uncategorized

Beberapa waktu yang lalu seorang teman menawari cokelat jualan temannya di salah satu blog. Mata saya langsung tertumbuk pada kurma cokelat. I loovee kurma cokelat. Nyaaamm…nyaammm…. Tapi melihat harganya, nanti dulu deh, belum pesen dulu.

Pada waktu yang bersamaan di kantor lagi ada bazaar. Ada beraneka benda menarik yang dijual di sana, mulai dari baju, peralatan masak, kerajinan, sampai makanan. Stand-stand makanan selalluuu rame pembeli sedari siang. Padahal itu kan udah masuk puasa, jadi yang beli itu kebanyakan buat hidangan buka puasa. Nah, di stand makanan itu ada yang jual kurma sekilo cuma 20.000 rupiah. Murah kann? Murah yaa? Dan tiba-tiba terbesit ide pengen bikin kurma cokelat sendiri. Bayangkan, dengan kurma sekilo, kamu bisa bikin berapa toples (kecil standar) kurma cokelat coba? Biasanya kalo beli setoples itu harganya sekitar 30ribu atau lebih (tergantung beli dimananya). Nah, ini dengan 20ribu aja udah dapet sekilo. Sekilo bisa buat bikin bertoples-toples kurma cokelat (bahan lain belum diitung ya).

Jadilah hari terakhir bazaar saya beli sekilo kurma di bazaar. Agak nyesel sih beli cuma sekilo, harusnya 2 atau 3 gitu sekalian. Tapi pulangnya jauh, naik bis, berat bawanya kan lagi puasa😦 Yasudah. Kurmanya ini enak juga, dagingnya tebel dan kenyal. Kesukaan saya banget.

Di rumah masih punya dark chocolate sisa bikin brownies, dan juga punya keju. Udah nggak butuh beli apa-apa lagi.

Ngerjainnya malem-malem, lupa jam berapanya, sambil nonton tivi, sambil nyelup-nyelupin si kurma ke cokelat. Ini bikinnya gampiiiiilll banget, anak kecil juga bisa😀

PicsArt_1373665866326

Cara membuat:

1. Ambil kurma, buang bijinya

2. Potong-potong keju bentuk balok memanjang kira-kira seukuran biji kurma (tapi jangan besar-besar yaa, soalnya kalo keras nanti sudah digigitnya :p). lalu masukkan ke dalam kurma Sementara itu, lelehkan dark chocolate dengan cara ditim

3. Celupkan kurma ke dalam cokelat leleh

4. Hias bagian atasnya dengan potongan almond atau kismis warna-warni (ga pake karena ga punya)

5. Masukkan dalam kulkas bawah (bukan freezer) selama 10-15 menit. Keluarkan. Simpan di toples.

Gampang kaaaan?

Selamat mencoba ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s