Baking: Puding Karamel

baking

PicsArt_1374160282220

 

Kemaren habis main-main dari ‘rumah’nya Teh Ayu, si Mama Lezat. Udah lamaaa banget nggak mampir soalnya blognya nggak ada di reader, jadi nggak update deh. Liatin resep-resep cantiknya. Ihh, ngiri sama foto-fotonya. Cakeeeuupp. Kalo saya foto-foto cuma pake HP dowang, trus diedit seadanya😀

Ada resep karamel puding yang looks yummyy dan langsung pengen bikin! Gaswat nih saya kalo ada keinginan sukanya harus cepat terealisasi.

Malemnya dibela-belain mampir di Top Buah buat beli stroberi bakal hiasan puding ini. Trus di rumah, sekitar jam setengah sembilanan malem deh mulai beraksi di dapur mbikin pudingnya. Cari resepnya Teh Ayu lagi rencananya, tapi kok susah. Jadinya pake resepnya Mbak Hesti yang sama-sama jago masak dan jago moto.  Resepnya langsung liat di tempat mbak Hesti aja yaa, nggak bisa dicopas soalnya, huwehehehee *dasar pemalas :p

Ada cerita nih pas bikin ini. Ternyata bikin karamel itu susah ya. Percobaan pertama, panasin gula dengan api kueciilll. Udah kegirangan pas gulanya mulai leleh. Karena apinya kueciill kan lelehnya lama tuh, eh belum leleh semua kok gulanya mengeras lagi, hahahahaa. Hasilnya brindil2 kayak gula batu *gulanya udah tercampur sedikit air. Akhirnya dipanasin lagilah gumpalan-gumpalan itu. Kali ini dengan api sedang. Horeee, berhasil leleh. tapi ga sampe leleh semua, masih ada yang menggumpal-nggumpal itu trus diangkat. Udah gitu itu karamel cepet banget mengeras. Bentar aja didiemin udah keras kayak permen! Beneran sekeras permen! Tapi nggak papa ternyata soalnya setelah dioven jadinya mencair lagi :p Ternyata pas baca resep harusnya sampe mendidih ya, qiqiqi. Salah berarti, soalnya pas saya angkat belum mendidih. Pantes kok bukannya jadi gulali malah jadi permen😀 Cerita kedua pas masukin telur ke susu yang mendidih, telurnya ada yg mateng.  Serabut putih gitu. Ya iyalaah kan susunya masih panas. Trus maen langsung tuang cetakan. Ternyata memang di resepnya suruh disaring gitu ya biar custardnya smooth. Kebiasaan baca resep kurang teliti nih ah🙂

Habis itu seperti biasa nunggu dengan harap-harap cemas. Berhasil gak yaaa? Pas ovennya bunyi, langsung dibuka, trus pudingnya dicocok pake garpu. Eh ternyata udah jadi lhooo, permukaannya udah set, lembuutt, dalemnya juga. Padahal keliatannya kayak masih cair gitu kalo diintip dari balik kaca oven. Mungkin saking licinnya kali ya permukaannya itu.

Udah diicipin sewadah, sisanya masukin kulkas buat buka nanti. Rasanya mengingatkanku sama Creme Brulee. Asik nih! Layak dicoba😉

lumayan buat buka nanti :p

lumayan buat buka nanti :p

 

*itu foto-foto diambil malem hari, pake kamera hp, juga flash. Seadanya😀

14 thoughts on “Baking: Puding Karamel

      1. Kalo tau, aku juga taunya yang std mbak, pas liat langsung deh baru tau ada kue macam gini-gitu
        etapi habis banyak liat blog2 masakan atau baking jadi lumayan tambah info :p

      1. ooww… hahaha
        btw, aku kalo baking bukan buat suami lho
        soalnya dia nggak doyan ngemil, dia doyannya yg gurih-gurih dan goreng2an
        jadi pas kemaren bikin cupcake, brownies, yg makan cuma aku sama mbak2 (kadang raihan jg)
        Sebenernya sebeeelll, orang tujuannya biar dia suka ya
        Tapi kalo dipaksa2 jg suka menolak, iiihhhh >,<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s