Baking: Chocolate Lava Cake (wanna be)

baking

PicsArt_1374394588523

 

Sabtu sore MasterChef Indonesia memberikan tantangan kepada beberapa peserta yang masuk pressure test (apa elimination test ya?) untuk membuat Chocolate Lava Cake. Cake ini punyabeberapa nama tapi saya lupa pas di acara Masterchef itu disebutnya apa. Yang jelas saya merasa tertantang saat melihat 2 dari 3 peserta tidak berhasil membuat cake ini.

Sebelumnya saya sendiri udah pernah tau cake ini dari blog-blognya para foodblogger. Tapi pas melihatnya langsung di Masterchef langsung pengen bikin.

Mulailah saya searching resep di internet. Beberapa membuat saya tertarik, tapi yang paling sreg di hati itu resepnya Teh Ayudiah Respatih (resepnya langsung liat di blog beliau langsung aja yah :p). Apalagi si Teteh ini pake resep asli pencipta Lava Cake. Makin manteplah hati ini *tsaaah :p

Esoknya, hari Minggu siang, pulang dari kontrol Little Baby, saya langsung sibuk di dapur. Ada cerita nih waktu bikin cake ini. Jadi, memanggang lava cake ini memang tricky. Kurang waktu panggang cake nggak mateng, kelebihan waktu panggang lelehan lavanya nggak keluar, karena dalemnya ikutan mateng. Nah lhoo..

Sepuluh menit pertama manggang, masih harap2 cemas sambil sesekali ngintipin oven. Setelah sepuluh menit pertama, loyang dikeluarkan, sama aye langsung (rencananya) mau ditaruh di atas piring. Dan pyaaarrr… membanjirlah lelehan lava di atas piring. Belom mateng book. Bagian luar cakenya masih melambai2 bentuknya macam puding yang baru keras kulitnya, hahaha. Untung masih ada sisa 3 loyang cup aluminium lagi. Dimasukkanlah lagi loyang itu ke dalam oven. Setel waktu sepuluh menit lagi.

Sepuluh menit kedua berlalu. Pas saya intip dari balik oven, itu adonan atas cakenya sepertinya masih goyang, belum set. Takut kejadian kayak sebelumnya terulang lagi, saya nggak langsung keluarin cake itu. Saya tambah lagi waktu panggangnya jadi 10 menit lagi. Hahaha… Sepuluh menit ketiga untuk si cake. Habis itu saya tinggal ngemong Raihan. Makan sore sambil mainan gelembung sabun di halaman.

Pas ovennya bunyi tanda sepuluh menit ketiganya habis, saya nggak langsung samperin dapur. Udah sebodo amaattt. Udah agak males -_-. Baru beberapa menit kemudian, saya ke dapur liat si cake. Itu bagian atasnya udah yang kayak gunung meletus beneran. Udah mengembang sedemikian rupa, qiqiqi. Alamat gagallah lava cake ini.

Dan pas dipotong, emang beneran pemirsah, cakenya gagal, nggak berhasil. Nggak ada lava yang keluar. Lagian manggangnya pake acara berkali-kali siih. Hahahaa. Ya sudahlah. Lain kali kita coba lagi yaa…😉

nggak ada lelehan cokelat yang keluar

nggak ada lelehan cokelat yang keluar

 

11 thoughts on “Baking: Chocolate Lava Cake (wanna be)

Leave a Reply

