Mati Listrik

Uncategorized

Intermezo cerita mudik, mau cerita soal mati listrik semalam, sekalian berbagi informasi PLN siapa tau bisa bermanfaat.

Jadi dari kemarin mbak rumah udah mewanti-wanti kalau pulsa listrik rumah kami hampir habis. Eh kok ndilalah udah diiyain masih lupa aja. Jadi semalem, ga berapa lama habis saya pulang-untungnya saya udah selesai makan malam-peettt, listriknya mati. Langsung teriak “OIYAA… PULSANYA ABIS YA MBAAK?” Sebenarnya ini bukan hal baru sih buat saya dan suami yang nggak ‘titenan’ (Bahasa Indonesianya apa ya?). Kami lumayan sering mengalami mati listrik karena pulsa habis. Paling sebel pas pulsanya habis jam 2 dini hari. Lagi nyenyak2 tidur jadi kebangun.

Perumahan kami emang pakenya listrik prabayar. Jadi kalo nggak diisi pulsa tau2 abis aja kalo nggak ditengokin. Katanya kan ya kalo listrik prabayar, pulsa tinggal sedikit, meterannya bakal kasih peringatan. Tapi kok di rumah saya enggak ya? Mungkin settingannya atau apa gitu kami nggak tau dan males cari tau -_-. Karena seringnya kejadian kehabisan pulsa, karena kadang repot juga beli pulsa di luar (padahal ada Alfamart, Indomaret, ATM, sama toko stationary deket rumah yang jual pulsa listrik), suami akhirnya download aplikasi di android. Sistemnya pake deposit, lalu kita bisa beli pulsa telepon, listrik, dan bayar tagihan (kalo nggak salah sih). Lumayan tenang ada aplikasi itu. Kalo liat pulsa tinggal sedikit, bisa beli secara mandiri, asal ada saldonya ya😀

Nah, pas mati listrik semalem suami belum pulang. Saya langsung telpon dan minta dibeliin pulsa listrik via aplikasi itu. Nggak berapa lama nomer tokennya buat ngisi listrik pun dikirim suami via whats app. Sekali, dua kali, tiga kali, empat kali, sampe berkali-kali nomer itu dimasukin, kok pulsanya nggak bertambah-bertambah yaa? Nah looo… Akhirnya suami di kantor sana telpon PLN, nanya masalahnya, dan dijanjikan akan didatangkan bala bantuan, petugas PLN maksudnya, hehehee… Yasudah, akhirnya sambil nungguin petugas dateng, saya ngelonin Raihan sambil sesekali ketiduran.

Sekitar jam sebelas malem, dan suami saya masih belum pulang (keterlaluan emang suami saya! :D), petugasnya dateng dan langsung periksa2. Setelah ditelusuri, ternyata kegagalan pengisian pulsa itu karena listrik di rumah saya sedang dalam proses penambahan daya. Nah, ini informasi yang mau saya kasih ke temen-temen. Jadi, PLN ada program tambah daya gratis selama bulan Agustus ini. Katanya sih dalam rangka menyambut lebaran. Informasi selengkapnya bisa dilihat di sini. Saya dan suami dapet infonya pas kami baru sampe rumah dari mudik. Tetangga kami sudah ada yang nambah daya. Akhirnya suami pun langsung telpon PLN, minta tambah daya listrik di rumah dari yang awalnya 1300VA jadi 2200VA.

Prosesnya gampang aja kok. Suami saya telpon PLN, setelah itu didata. Karena kami pake listrik prabayar, kami harus membeli token (pulsa) awal minimal Rp 5.000,- dan maksimal Rp 1.000.000,- Suami dikasih nomer registrasi buat beli pulsa awal itu. Setelah pembelian pulsa awal, dalam waktu 5 hari kerja baru nanti dateng petugas PLN yang akan menambah daya.

Kami beli pulsa awal weekend kemarin. Tapi sampai hari Rabu petugas penambah daya PLN belum juga dateng. Rabu malam rumah kami mati listrik. Nah, karena sedang dalam proses penambahan daya itu, listrik rumah kami jadi nggak bisa diisi pulsanya. Baru bisa diisi lagi kalau sudah ditambah dayanya, Berhubung yang dateng semalem adalah teknisinya (beda dengan petugas penambah daya) dan mereka kasian kalau kami malem2 tanpa penerangan, jadi diakalin dululah listrik di rumah. Di-bypass dibilangnya. Dicurangin ini sebenernya. Listrik rumah kami dinyalain, tapi tanpa pulsa alias gratisan. Sampe petugas penambah dayanya dateng, benerin, dan kami masukin lagi pulsa yang semalem udah dibeliin suami.

Ga lama sesudah teknisi PLNnya pulang, suami saya sampe rumah. Akhirnya kami pun bisa tidur dengan nyaman kembali. Pelajaran moral dari kisah ini adalah, buat yang pake fasilitas listrik prabayar, jangan lupa buat sering-sering ngecek meteran listrik Anda ya! :p

 

16 thoughts on “Mati Listrik

    1. Soalnya di rumahku kalo kebetulan pompa air nyala berbarengan sama rice cooker yang lagi masak nasi, listriknya suka mati. Seringnya pagi2. Ganggu orang mau kerja aja. Jadi begitu tau ada tambah daya gratis, suami langsung telpon😀

    1. kami juga pake prabayar karena pindah ke rumah yang sekarang mbak,
      kalo boleh pilih sih lebih suka yang pasca, soalnya prabayar ya gitu, suka lupa, tiba-tiba listriknya matii aja, heuheu

      1. apanya yang diharuskan Mbak? yang rumahnya pake prabayar ya?
        enggak diharuskan sih, cuma ini kan masih termasuk perumahan baru, di sini semua rumahnya pake listrik prabayar (dari developernya bangunnya emang gitu). Enggak tau deh apa bisa diganti dari prabayar ke pascabayar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s