Baking: Oat Brownies

baking, brownies, coklat

Udah lamaaa saya ngidam pengen makan brownies. Bukan brownies yang biasa macem Amanda Brownies dkk. Tapi, saya lagi pengen oat brownies. Brownies yang satu ini saya kenal dari temennya suami dan langsung sukaa. Teksturnya agak seret2,  dan nyaammi.

Sekitar 2 minggu yang lalu akhirnya saya cari juga resep oat brownies di internet. Ada buanyaak. Tapi yang menurut saya lumayan gampil ya resep yang ini. Udah gitu tampilannya juga sangat menggoda selera 😀

Oke, berikut translate bebas resep dari link di atas. Semoga berkenan ^^

PicsArt_1383621936396

 

OAT BROWNIES
Bahan:
– 1 1/2-2 cup oatmeal
– 3/4 sendok teh baking soda
– 1/2 sendok teh bubuk espresso (saya nggak pake)
– 3/4 cup unsalted butter
– 1 1/2 cup gula pasir
– 1 cup cokelat bubuk (saya pake VanHouten)
– 1 sendok teh garam
– 1 sendok makan vanilla extract
– 3 butir telur
– 1 1/4 cup chocochips
Langkah-langkah:
  1. Panaskan oven pada suhu 180’C
  2. Blender oatmeal hingga jadi tepung. Takar sejumlah 1 1/2 cup, campurkan dengan baking soda dan bubuk espresso. Sisihkan.
  3. Panaskan mentega di atas kompor. Setelah meleleh, tambahkan gula dan masak selama beberapa menit.
  4. Angkat mentega, tambahkan cokelat bubuk dan garam, aduk rata
  5. Tambahkan vanilla dan telur. Kocok sampai teksture adonan lembut dan glossy
  6. Tambahkan bahan kering (tepung) ke dalam adonan tadi, aduk sampai rata. Kalo saya sih diaduk biasa pake garpu
  7. Tambahkan chocochip dalam adonan dan aduk rata. Kalau saya chocochips hanya dipake buat hiasan aja di atas, nggak diaduk dalam adonan
  8. Siapkan loyang, tuang adonan, lalu panggang selama kurang lebih 30-35 menit.
  9. Setelah matang, dinginkan brownies selama kurang lebih 20 menit. lalu sajikan

Brownies yang saya buat teksturnya masih agak lembek tapi sudah matang jadi susah dipotong langsung. Tapi setelah didinginkan dalam kulkas selama kurang lebih 1 jam, hasilnya jadi oke banget. Pas. Rasanya enaakk, nyoklatt banget, padahal cuma pake cokelat bubuk saja.

Happy baking! Happy eating! 😉