Baking: Oat Brownies

baking, brownies, coklat

Udah lamaaa saya ngidam pengen makan brownies. Bukan brownies yang biasa macem Amanda Brownies dkk. Tapi, saya lagi pengen oat brownies. Brownies yang satu ini saya kenal dari temennya suami dan langsung sukaa. Teksturnya agak seret2,  dan nyaammi.

Sekitar 2 minggu yang lalu akhirnya saya cari juga resep oat brownies di internet. Ada buanyaak. Tapi yang menurut saya lumayan gampil ya resep yang ini. Udah gitu tampilannya juga sangat menggoda selera 😀

Oke, berikut translate bebas resep dari link di atas. Semoga berkenan ^^

PicsArt_1383621936396

 

OAT BROWNIES
Bahan:
– 1 1/2-2 cup oatmeal
– 3/4 sendok teh baking soda
– 1/2 sendok teh bubuk espresso (saya nggak pake)
– 3/4 cup unsalted butter
– 1 1/2 cup gula pasir
– 1 cup cokelat bubuk (saya pake VanHouten)
– 1 sendok teh garam
– 1 sendok makan vanilla extract
– 3 butir telur
– 1 1/4 cup chocochips
Langkah-langkah:
  1. Panaskan oven pada suhu 180’C
  2. Blender oatmeal hingga jadi tepung. Takar sejumlah 1 1/2 cup, campurkan dengan baking soda dan bubuk espresso. Sisihkan.
  3. Panaskan mentega di atas kompor. Setelah meleleh, tambahkan gula dan masak selama beberapa menit.
  4. Angkat mentega, tambahkan cokelat bubuk dan garam, aduk rata
  5. Tambahkan vanilla dan telur. Kocok sampai teksture adonan lembut dan glossy
  6. Tambahkan bahan kering (tepung) ke dalam adonan tadi, aduk sampai rata. Kalo saya sih diaduk biasa pake garpu
  7. Tambahkan chocochip dalam adonan dan aduk rata. Kalau saya chocochips hanya dipake buat hiasan aja di atas, nggak diaduk dalam adonan
  8. Siapkan loyang, tuang adonan, lalu panggang selama kurang lebih 30-35 menit.
  9. Setelah matang, dinginkan brownies selama kurang lebih 20 menit. lalu sajikan

Brownies yang saya buat teksturnya masih agak lembek tapi sudah matang jadi susah dipotong langsung. Tapi setelah didinginkan dalam kulkas selama kurang lebih 1 jam, hasilnya jadi oke banget. Pas. Rasanya enaakk, nyoklatt banget, padahal cuma pake cokelat bubuk saja.

Happy baking! Happy eating! 😉

 

Advertisements

Baking: Milo Doggie Cookies

baking, coklat, cookies

DSC_1024

Sekumpulan choco doggie berbaris rapi di atas loyang bertabur tepung terigu.

“Kalian siaaappp!!”

“Siaaappp!!!”

“Baiklah, sebentar lagi kita akan masuk ke dalam oven. Ini tidak lama, jadi kalian tahanlah panas itu sebentar. Setelah itu, setelah ujian terakhir ini, kita akan keluar dan lulus menjadi cookies. Sebentar lagi kita akan menjadi cookies, teman-teman!”

“Yeaaaa!! Yeaaaa!!!”

Mereka bersorak-sorai gembira.

IMG-20131020-WA0004

“Itu toples yang sudah disiapkan untuk kita, ayo masuk ke dalam, sebelum burung hijau itu mematuk kita..”

“Ayooo…”

IMG-20131020-WA0003

“Hei, sedang apa kalian di dalam sana?”

“Siapa kamu?”

“Namaku Tumi, kalian siapa?”

“Kami Milo Doggie Cookies

“Oh, kalian doggie juga? Aku juga doggie. Ayo kita berteman”

“Senang berkenalan denganmu Tumi”

“Senang juga berkenalan dengan kalian”

*end*

Ahahaha… iseng bener bikin cerita kayak di atas. Tapi nggak tahan buat nggak ngedongeng gara2 liat fotonya. Cookies lucu ini saya dapet resepnya dari blognya Teh Ayu, momylicious. Pengen bikin juga? Gampang kok, Bahan2nya ada di sekitar kita, dan nggak perlu pake mikser! *what i love most about this cookies 😉

Untuk rasanya sendiri, cookies ini nggak begitu manis karena memang nggak pake gula. Manisnya didapet pas kita ngegigit chocochips dan coco crunch-nya. Teksturnya garing dan buyar di mulut, tapi nggak lumer yaaa. Cocok nih, saya suka yang kayak gini. Kapan-kapan mau bikin lagi, tapi bentuknya yang std aja, selayaknya cookies normal. Kasih gula kastor biar manis dikit, trus taburin chocochips yang banyak, hmm… 😀

Ini resepnya lengkapnya:

IMG-20131020-WA0001

MILO DOGGIE COOKIES

Bahan:

180 gr butter, suhu ruang
80 gr horlicks [saya ganti pakai milo]
200 gr tepung terigu
25 gr maizena
25 gr susu bubuk
100 gr coklat chips
Meises, secukupnya
Koko krunch, secukupnya

 

Cara membuat:

Panaskan oven di suhu 140’C. Siapkan loyang, alasi dengan kertas baking, oles dengan margarin. Campurkan kemudian ayak, tepung terigu, maizena, dan susu bubuk. Kocok butter dengan milo selama kurang lebih 3 menit dengan kecepatan rendah. Masukan campuran tepung terigu lalu aduk sampai rata (Saya diaduk biasa pake garpu)

Ambil 10 gr adonan, Letakan meises, choco chips, membentuk mata dan mulut, dan tambahkan koko krunch untuk kupingnya. Panggang selama 25 menit atau hingga matang. Keluarkan dari oven, dinginkan di rak kawat.

IMG-20131020-WA0002